Rahasia Wanita

Selasa, 08 Juni 2010

apa penyebab wasir??


Apa saja sih penyebab wasir? Meningkatnya tekanan pada pembuluh darah balik di sekitar rektum dan dubur dapat menjadi faktor penyebab wasir. Faktor yang menyebabkan tekanan pada pembuluh darah balik itu seperti

mengejan berlebihan saat buang air besar, masa kehamilan, batuk dan bersin yang keras serta saat melahirkan. Ada juga yang karena faktor keturunan, di mana terdapat kelemahan klep pada pembuluh darah balik, sehingga tidak dapat menghambat aliran balik dari darah wasir. Sumber-sumber tekanan lainnya termasuk kegemukan serta sering mengangkat beban berat

Sedangkan external hemorrhoids cenderung menyakitkan. Adakalnya darah berkumpul pada wasir yang ada di bagian luar dan membentuk sebuah gumpalan (thrombus), menyebabkan sakit yang amat sangat, bengkak dan peradangan. Saat teriritasi, external hemorrhoids menjadi gatal atau berdarah.

Nah, bagaimana sih cara mencegah wasir berkembang? Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Konsumsi makanan kaya serat. Makanlah lebih banyak sayur, buah dan biji-bijian.
2. Jika punya bangku kayu keras tanpa sandaran, sebaiknya segera diganti atau diberi sandaran, untuk mengurangi tekanan pada anus.
3. Banyak minum air untuk melembekkan kotoran agar mengurangi aktivitas mengejan saat buang air besar.
4. Pertimbangkan suplemen serat. Banyak suplemen serat yang dijual bebas di pasaran. Konsultasikan dulu dengan dokter.
5. Jika Anda mengonsumsi suplemen serat, pastikan minum 8-10 gelas sehari. Asal Anda tahu, suplemen serat bisa menyebabkan konstipasi atau malah membuat sembelit makin parah. Tambahkan serat ke dalam daftar menu Anda secara bertahap untuk menghindari masalah gas.
6. Olahraga. Cobalah terus aktif untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah halus, yang dapat terjadi karena duduk atau berdiri terlalu lama, serta membantu mencegah sembelit. Olahraga juga membantu membuang kelebihan berat badan.
7. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Jika harus duduk dalam waktu lama, jangan gunakan bantalan kursi seperti kue donat untuk mengganjal kursi. Benda ini dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah halus di anus.
8. Jika ingin buang air besar, sebaiknya jangan menundanya

Bagaimana saat wasir datang? Anda dapat meringankan derita wasir dengan perawatan pribadi sebagai berikut:

1. Gunakan obat yang tepat. Coba pakai obat wasir yang dijual bebas, berupa krim atau obat rangsang yang dimasukkan dalam dubur yang mengandung hidrokortison.
2. Jagalah area anus tetap bersih. Basuhlah area itu dengan air hangat secara lembut. Sabun tak dibutuhkan karena mungkin hanya akan memperparah keadaan
3. Keringkan area itu dengan pengering rambut usai dicuci untuk meminimalisasi kelembaban yang dapat menuntun iritasi
4. Berendamlah secara reguler di air hangat. Lakukan beberapa kali dalam sehari
5. Kompres dingin dengan es di anus untuk meredakan pembengkakan
6. Dorong kembali wasir yang ‘nongol’ keluar, dengan lembut ke saluran anus
8. Jangan gunakan tisu toilet yang kering. Pakai kertas toilet basah usai buang air besar.
9. Gunakan obat untuk meringankan derita wasir

Dengan pemakaian Pantyliner LOVEMOON secara teratur juga akan membantu mengurangi resiko terkena kista, mium, tumor dan kanker. Dan perlu diperhatikan bahwa resiko wanita terkena resiko penyakit tersebut di Indonesia sangat tinggi ! Dan hindari mimpi buruk para wanita seperti pengangkatan rahim !

Pantyliner LOVEMOON terbuat dari bahan alami dan higienis. Membuat kewanitaan tetap bisa bernapas / beroksigen. Berbeda pada pemakaian pantyliner biasa yang ada dipasaran yang malah akan menimbulkan masalah pada kesehatan anda.Pantyliner LOVEMOON juga dilengkapi dengan Anion teknologi Jepang yang telah dipatenkan di 169 negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar